Kata Kerja ( الفِعْلُ)
1.
Pengertian Fi’il
الفعل
كلمة تدل على حدث مقترن بزمن.
“Fi’il
adalah kalimah (kata) yang menunjukkan arti pada dirinya dan
situasinya disertai dengan kala / waktu”.
Apabila kalimat itu menunjukkan kala yang
telah lalu, ia disebut dengan fi’il madhi ( فعل ماض) seperti kata ذَهَبَ ( telah pergi), apabila kalimah itu
menunjukkan kata sekarang / kini atau akan dating / nanti, ia disebut dengan
fi’il mudhori’
( فعل مضارع)
seperti kata يَذْهَبُ ( sedang pergi)dan
apabila kalimah itu menunjukkan permintaan sesuatu pada kata yang akan datang,
ia disebut fi’il amr ( فعل أمر) seperti kata إِذْهَبْ
(pergilah).
Contoh
Terjemahan |
فعل أمر |
فعل مُضَارع |
فعل مَاض |
Belajar |
أُدْرُسْ |
يَدْرُسُ |
دَرَسَ |
Membaca |
إِقْرَأ |
يَقْرَأُ |
قَرَأَ |
Menulis |
أُكْتُبْ |
يَكْتُبُ |
كَتَبَ |
Paham |
إِفْهَمْ |
يَفْهَمُ |
فَهِمَ |
2.
Ciri-ciri Fi’il
a.
Bisa
bersambung dengan ta’ fa’il yaitu ت yang berkedudukan sebagai “ pelaku” pekerjaan
dan letaknya di akhir.
Contoh
Terjemahan |
Kata Kerja |
Saya (telah) belajar |
دَرَسْتُ |
Saya (telah) membaca |
قَرَأْتُ |
Saya (telah) menulis |
كَتَبْتُ |
Saya (telah) Paham |
فَهِمْـــتُ |
b.
Diakhiri
oleh ta ta’nist (تْ) pada kata kerja yang
menunjukkan pelaku mu'annas ( perempuan)
Contoh
Terjemahan |
Kata Kerja |
Siswi itu (telah)
belajar bahasa Arab |
دَرَسَتْ الطَّالِبَةُ اللُّغَةَ
العَرَبِيَةَ |
Siswi itu (telah) membaca buku |
قَرَأَتْ الطَّالِبَةُ الكِتَابَ |
Siswi itu (telah) menulis pelajaran |
كَتَبَتْ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
Siswi itu (telah) paham pelajaran |
فَهِمَـــتْ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
c.
Diawali
oleh huruf قد
Kata Qad ( قَد) yang masuk pada fi’il
madhi berarti kadang-kadang, qad yang masuk pada fi’il mudhori
berarti sungguh-sungguh.
Contoh
قَدْ + فعل ماض |
|
Terjemahan |
Kata Kerja |
Kadang-kadang Siswi
itu belajar bahasa Arab |
دَرَسَتْ الطَّالِبَةُ اللُّغَةَ العَرَبِيَةَ قَدْ |
Kadang-kadang Siswi itu membaca buku |
قَدْ قَرَأَتْ الطَّالِبَةُ الكِتَابَ |
Kadang-kadang Siswi itu menulis pelajaran |
قَدْ كَتَبَتْ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
Kadang-kadang Siswi itu paham pelajaran |
قَدْ فَهِمَـــتْ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
قَدْ + فعل مضَارع |
|
Terjemahan |
Kata Kerja |
Sungguh-sungguh siswi
(sedang) belajar bahasa arab |
قَدْ تَدْرُسُ الطَّالِبَةُ اللُّغَةَ العَرَبِيَةَ |
Sungguh-sungguh siswi itu (sedang) membaca buku |
قَدْ تَقْرَأُ الطَّالِبَةُ الكِتَابَ |
Sungguh-sungguh siswi itu (sedang) menulis pelajaran |
قَدْ تَكْتُبُ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
Sungguh-sungguh siswi itu ( sedan) memahami pelajaran |
قَدْ تَفْهَمُ الطَّالِبَةُ الدّرْسَ |
d.
Diawali
oleh sin ( س) atau saufa ( سوف)
Sin ( س) dan
saufa ( سوف) sama-sama memiliki makna akan, perbedaan diantara
keduanya adalah, jika sin ( س) menunjukkan
makna akan dalam waktu
dekat, sedangkan saufa ( سوف)akan tetapi dalam waktu yang tidak bisa ditentukan
Contoh
س /سوف + فعل مضارع |
|
Terjemahan |
Kata Kerja |
Muhammad akan (
dalam waktu dekat) pergi ke makkah |
سَيَذْهَبُ مُحَمَّدٌ اِلَى مَكَّةَ |
Muhammad akan (
dalam waktu yang belum diketahui) pergi ke makkah |
سَوْفَ يَذْهَبُ مُحَمَّدٌ اِلَى مَكَّةَ |
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar